PELAYAN TUHAN BERHENTI BELAJAR KATHAROS BERHENTI BERTUMBUH ( The servant of God stop learning stop growing katharos )

Minggu, 08 Juli 2012

Kehidupan Kristen - Christian life



1.Arti perumpamaan tentang pokok anggur yang benar yohanes 15 ; 1-15
Ada 2 ranting yang dibicarakan di ayat ini
A Ranting yang berbuah, dibersihkanNya supaya ia lebih banyak berbuah
Hal itu menjadi peringatan bagi kita semua, bahwa ranting-ranting akan selalu dibersihkannya, daun yang tidak berguna akan dipotongNya. Seperti seorang petani yang senantiasa harus banyak memotong  bagian-bagian yang tidak berguna di pohon anggur yang diusahakannya. Pekerjaan ini akan sangat menyakitkan, tetapi hal ini harus dilakukan dan untuk mengusahakan pohon itu menghasilkan buah yang lebih lebat. Artinya segala sesuatu yang menghalangi kuasa Roh Kudus didalam kita harus dipotong.
                B  Ranting yang tidak berbuah, dipotongNya.
Ranting yang tidak berbuah adalah bagaikan parasit yang tumbuh dalam tanaman itu, dan sama sekali tidak menambahkan kegunaannya, maka, haruslah ia dibuang. Demikian juga anak-anak Allah yang terus melakukan kehendaknya sendiri dan tidak menghasilkan apa-apa, ia haruslah dibuang/ disingkirkan. Tangan Allah yang membersihkan dan menyingkirkan orang semacam itu. Sebaliknya, Allah sebagai  petani Anggur itu akan senantiasa menjaga dan membersihkan ranting-ranting yang berbuah, untuk tetap tumbuh dan menghasilkan banyak buah.
2. Rahasia kehidupan Kristen
Diluar Kristus kita tidak hidup. Ranting itu hanya dapat hidup jika ia melekat kepada pokok-nya. Dengan demikian cara untuk berbuah banyak ialah memelihara hubungan dengan Sang Hidup (Yohanes 14:6).
3. Mengusahakan pertumbuhan iman baik mandiri ataupun kelompok
Setiap orang percaya pasti pernah mendengar ayat ini, “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus” (Roma 10:17). Ayat ini menegaskan bahwa hanya melalui pendengaran akan firman Allah, seorang berdosa bisa memiliki iman kepada Yesus Kristus. Mandat ayat ini mengharuskan firman Kristus diberitakan agar manusia berdosa mendengarkan Injil dan percaya. Analisa penting lainnya dari ayat diatas bahwa mendengarkan firman Kristus bukanlah suatu kegiatan yang dilakukan sekali saja tetapi suatu tuntutan untuk terus mendengarkan firman Allah agar iman seorang percaya semakin bertumbuh dan meningkat. Memang harus diakui bahwa ada banyak orang percaya pada Yesus Kristus ketika mendengarkan Injil untuk pertama kalinya. Roh Kudus menuntunnya untuk percaya dan mengaku dengan mulutnya bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat.
4.buah buah dari pertumbuhan Kristen
Mempunyai buah-buah roh Galatia 5; 22-23 Kasih à Penguasaan diri, terlebih membawa jiwa untuk Tuhan
5. Yang bertanggung jawab atas pertumbuhan iman kita dan saudara kita
Kita bersama, sebagai pelayan Tuhan berdasarkan iman kita masing-masing, dan sebagai saudara kita harus saling mengingatkan ibrani 10 : 24 - 25
6. cara kita berbuah lebat 1 Yohanes 15 ; 5  dan 7  Tinggal didalam Tuhan
7. Apakah arti kehidupan Kristen saudara?
.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,matius 28 ; 19-20
AYAT HAFALAN
“YOHANES 15 : 5”
“Akulah pokok anggur dan kamulah ranting – rantingnya. Barangsiapa tinggal didalam AKU dan AKU di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab diluar Aku kamu tidak dapat berbuat apa - apa  ”

PD SUNDAY Minggu, 1 Juli 2012
oleh Budi Kristiyanto

Tuhan Yesus Memberkati.

1 komentar: